IDEN
Semakin Mudah UMKM Menerbitkan Saham
07 Juli 2022

Bandung, KNEKS – KNEKS bersama OJK, ALUDI, IDX Jabar, PW MES Jabar, KADINDA Jabar dan BPD HIPMI Jabar menyelenggarakan Workshop Securities Crowdfunding (SCF) Syariah bertempat di Hotel Aryaduta Bandung, Sabtu (02/07). Pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan pelaku usaha dan perwakilan dari Inkubator UMKM di Jawa Barat.  

Kegiatan ini dibuka oleh oleh Deputi Direktur Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS. “Kami (KNEKS) ingin workshop ini agar terus berkelanjutan dan dapat di teruskan oleh stakeholders di Jawa Barat sehingga bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam mencari solusi permodalan,” ujar Helma, dalam pembukaannya. 

Workshop ini ditujukan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha dan pengelola inkubator mengenai sumber permodalan/pendanaan berbasis digital melalui SCF syariah. Workshop juga membantu meningkatkan jumlah partisipasi pelaku usaha industri halal yang menerbitkan saham dan sukuk melalui SCF syariah. “Kami harap kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha disini sebagai alternatif dalam mencari sumber modal, dan terjadi business matching antara pelaku UMKM dengan penyelenggara SCF,” ucap Zaenal Aripin, Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Jawa Barat​ dalam sambutan nya. 

UMKM berpotensi besar mendapatkan pendanaan dari masyarakat investor melalui Saham/Sukuk yang terbitkan melalui SCF Syariah. Dewasa ini terjadi perubahan cara pandang masyarakat dalam menyimpan uang nya. “Saat ini terjadi pergeseran dari saving society ke investment society sehingga mendorong pertumbuhan jumlah investor & kapitalisasi pasar modal,” jelas Reza, Kepala Perwakilan BEI Jawa Barat dalam sambutan pembuka. 

Dalam Workshop SCF Syariah peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh berbagai narasumber baik dari OJK ataupun penyelenggara SCF syariah yaitu Bizhare, Shafiq dan Fundex. Materi yang disampaikan berupa pengenalan SCF syariah, persiapan penerbitan saham dan sukuk serta pelaporan usaha dan pembagian deviden/imbal hasil. 

Ibran Perdana, Head of Finance Accounting PT. Maha Nagari Nusantara (Torch), salah satu peserta Workshop SCF Syariah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada KNEKS yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Kita sebagai pelaku UMKM merasa terbantu dengan adanya sosialisasi ini, Alhamdulillah dengan adanya SCF Syariah ini bisa menambah referensi baru teman-teman pelaku usaha untuk scale up bisnisnya” paparnya. 

Selain di Bandung pada tahun 2022 untuk wilayah Jawa Barat, akan diselenggarakan pula workshop serupa oleh KNEKS di provinsi lainnya, yakni di Semarang, Jawa Tengah. 

Penulis: Miftahul Achyar
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya